Sistem Dokumen Mutu Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Raden Rahmat

LPM UNIRA Malang

Sistem Dokumen Mutu menjelaskan tentang keberadaan dan hubungan  antar dokumen dalam proses penjaminan mutu di UNIRA Malang. Dokumen mutu merupakan istilah yang digunakan di UNIRA Malang untuk menyebut istilah ‘Manual Mutu’ yang dimaksud pada butir 2.4.1. dalam Matriks Penilaian Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Manual Mutu yang digunakan di UNIRA Malang sendiri tidak sama dengan manual mutu sebagaimana dimaksud BAN-PT.

Terdapat lima dokumen mutu yang terdapat dalam sistem penjaminan mutu internal UNIRA Malang:

  1. Pedoman Kebijakan Mutu, yang mencakup informasi tentang kebijakan, pernyataan, unit mutu dan pentahapan sasaran mutu.
  2. Pedoman Manual Mutu, yang mencakup informasi tentang tata cara penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan standar mutu.
  3. Pedoman Standar Mutu, yang mencakup informasi tentang standar mutu yang harus dipenuhi dalam komponen masukan, proses dan keluaran kinerja setiap organ di UNIRA Malang.
  4. Buku Standard Operating Procedures (SOP), yang mencakup informasi tentang manual prosedur dan instruksi kerja setiap organ di UNIRA Malang.
  5. Pedoman Audit Mutu Internal (AMI), yang mencakup informasi tentang tata cara dan instrumen penilaian standar mutu.

Selain itu, juga terdapat 5 dokumen yang merupakan implementasi dari dokumen mutu:

  1. Rencana Kerja, Rencana Strategis dan Rencana Induk Pengembangan SPMI, yang berturut-turut merincikan program kerja per tahun, analisis situasi dan strategi pencapaian per empat tahun, serta referensi sistem mutu per 20 tahun.
  2. Laporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Mutu, yang mencakup kumpulan formulir monitoring dan evaluasi implementasi mutu pada setiap organ di Unusa oleh setiap unit mutu di tingkat universitas, fakultas dan program studi (prodi).
  3. Laporan Kinerja Unit Mutu, yang melaporkan kinerja setiap unit mutu dalam melakukan monev mutu.
  4. Formulir Permintaan Tindakan Koreksi (PTK), yang merupakan rekapitulasi temuan auditor mutu internal beserta permintaan tindakan koreksi.
  5. Laporan Audit Mutu Internal, yang melaporkan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi audit mutu internal beserta analisis dan kesimpulan audit mutu internal.
Scan Here

Dokumen mutu UNIRA Malang di atas dijadikan dasar dan pedoman pelaksanaan penjaminan mutu melalui proses sosialisasi dalam bentuk pelatihan penjaminan mutu yang diadakan pada tanggal 17 Februari 2023 di Ruang Rapat Lt. 1 Gedung KH. Mahmud Zubaidi, M.A dengan pemateri Doni Teguh Wibowo, S.E., M.M (Sekretaris LPM) dan Muhammad Farid, S.P (Staff LPM) dengan jumlah Auditor Mutu sebanyak 15  orang. Auditor Mutu tersebut terdiri atas tenaga pendidik  15 orang.

Dokumen mutu yang dikembangkan sudah sesuai edaran terbaru,  yaitu Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Permendikbud No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPMPT) yang berjumlah 24 standar mutu.

**Sistem Dokumen Mutu**

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Islam Raden Rahmat
Gedung Rektorat Lantai 2
Jl. Raya Mojosari No. 02 Kepanjen Kab. Malang
Telepon (0341) 399099
Email: [email protected]
Website: pjm.uniramalang.ac.id

*Peta Lokasi (LPM UNIRA MALANG)

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 190 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *